0XVOkzIOMuVO2ISulfVeSoRy4XR0Z5HcQhXOZ6RK

Ruang Lingkup Kimia

 

Halo sobat nimu! Apa kabar? Sudah siap untuk belajar kimia kali ini? Aku akan  perkenalkan pada bab pertama kita, yaitu Ruang Lingkup Kimia. Pada bab ini kalian akan  mengetahui tentang hal-hal mendasar pada Kimia. Sebenarnya, materi ini tidak akan jauh  berbeda dari materi Ruang Lingkup pada Fisika hanya saja di sini kita akan mengetahui  lebih banyak tentang Kimia. Ayo kita mulai!


A. Hakikat Ilmu Kimia

Kimia adalah ilmu yang mempelajari komposisi dan sifat suatu materi (zat) serta  perubahan dan pembentukannya. Apa kalian tahu apa yang dimaksud dengan materi?  Materi merupakan segala sesuatu yang memiliki massa dan ruang. Jika kita amati  sekeliling kita, benda-benda yang ada, seperti udara dan kursi merupakan contoh dari  materi-materi yang tersusun secara teratur. Oleh karena itu, benda biasanya juga disebut  materi. Makhluk hidup, seperti manusia dan hewan juga tersusun dari materi lho!

Wujud materi terbagi menjadi tiga, sebagai berikut. 


Wujud Materi
Sifat Materi terbagi menjadi 2.

1. Sifat Fisika

Sifat fisika merupakan sifat materi yang dapat diamati tanpa mengubah susunan dari suatu  materi. 

Contoh: massa jenis, itik didih dan leleh, serta kekerasan. 

Sehingga dapat  dipahami juga perubahan fisika adalah perubahan materi yang tidak menghasilkan materi baru dan bersifat hanya sementara, seperti air yang membeku dan gula yang  larut dalam air.

2. Sifat Kimia

Sifat kimia adalah sifat materi yang dapat diamati akibat adanya  perubahan suatu materi menjadi suatu materi yang lain. Contoh: kereaktifan suatu  materi, kemudahan dalam terbakar, dan kemudahan dalam mengalami korosi.  Sehingga yang dimaksud dengan perubahan kimia adalah perubahan materi yang  menghasilkan materi baru dan tidak dapat kembali menjadi bentuk semula.

B. Peran Kimia Dalam Kehidupan

Banyak hal dikehidupan yang bergantung pada proses kimia. Kita memerlukan  ilmu kimia (central science) untuk mengembangkan bidang kedokteran, farmasi,  geologi, pertanian, dan industry. Jika kita amati lagi masalah social yang ada juga  memiliki keterkaitan dengan kimia. Apakah kalian tahu? Memasak juga dapat dijelaskan  oleh ilmu kimia. Kimia menjelaskan bagaimana suatu makanan dapat berubah ketika  kita masak. Ilmu kimia juga menjelaskan bagaimana tubuh kita mengolah makanan itu.  Jadi, banyak sekali peran kimia dalam kehidupan kita yang bahkan kita sendiri tidak  sadar. Nah karena itu, ayo kita ketahui beberapa contoh lainnya!

1. Bidang Kesehatan dan Kedokteran

Pada bidang Kesehatan Kimia berperan sangat besar, baik dalam penanganan  maupun dalam obat-obatan. Alat pencuci darah untuk pengobatan pasien dengan  masalah ginjal merupakan salah satu contohnya. Selain itu, chemotherapy juga  merupakan bentuk penerapan ilmu kimia. 

2. Bidang Kesehatan dan Kedokteran

Zaman sekarang, Kimia diterapkan untuk mengontrol atau menetralkan dampak  berbahaya dari polutan yang dihasilkan oleh industri. Bio-fuels yang merupakan solusi  dari pemanasan global akibat bahan bakar yang tidak ramah lingkungan adalah bentuk  penerapan dari adanya ilmu kimia.

3. Bioteknologi

Terciptanya fermentasi, teknologi rekayasa genetika, kultur sel dan jaringan juga  memiliki campur tangan dari ilmu kimia.  

4. Teknologi Pangan dan Pertanian

Pernahkah kalian mendengar tentang pupuk sintesis? Iya, pupuk yang lebih  ramah lingkungan. Para ahli kimia menciptakan pupuk sintesis agar lingkungan ini lebih  terjaga karena diketahui bahwa ada beberapa pupuk yang dapat merusak lingkungan.  Pestisida juga diciptakan oleh para ahli kimia agar tanaman tidak rusak oleh hama  tanaman. Selain itu, ilmu kimia juga berperan dalam adanya bibit ungul tanaman. 


Cukup sampai sini materi kita kali ini semoga bermanfaat. Sampai ketemu di post selanjutnya 😁 
Nimba Ilmu
Tempat Belajar Bersama Paling Asyik

Postingan Terkait

Posting Komentar