0XVOkzIOMuVO2ISulfVeSoRy4XR0Z5HcQhXOZ6RK

Struktur Sel


Hi sobat nimu! Hari ini kita akan membahas tentang konsep sel tumbuhan dan hewan serta strukturnya masing-masing. Pada tau gak nih sel itu apa? Jadi sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup secara struktural dan fungsional dan tidak dapat dibagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Secara struktur, sel merupakan unit terkecil dari makhluk hidup, sedangkan secara fungsi, sel memiliki kemampuan untuk dapat melakukan berbagai proses kehidupan seperti perombakan, sintesis, respirasi, dll. Jadi, apa itu sel tumbuhan dan hewan? Terdapat apa saja di bagian tubuh mereka? Apakah mereka berdua mirip? Dan sepenting apa si mereka berdua itu? Mari kita bahas okay!

Nah, sebelumnya kita kenalan dulu nih sama struktur pada sel. Ada apa saja sih yang ada di dalam sel? Berdasarkan strukturnya, sel terbagi menjadi dua yaitu sel eukariotik dan sel prokariotik. Sel eukariotik ialah sel yang memiliki inti sel yang kompleks, sedangkan sel prokariotik ialah sel yang inti sel nya tidak kompleks karena Sel itu terdiri dari tiga struktur utama, yaitu membran sel, nukelus, dan sitoplasma. Mereka itu siapa sih? Yuk kita telusuri! 

sumber : hedisasrawan.blogspot.com

1. Membran Sel

Membran Sel atau membran plasma ialah bagian paling luar yang membatasi isi sel dan sekitarnya. Membran ini tersusun dari lapisan fosfolipid dan lipoprotein. Membran sel ini bersifat semipermeabel, yang berfungsi mengatur keluar masuknya zat pada sel.


2. Nukelus

Nukleus merupakan inti dari sel. Nukleus dapat ditemukan pada sel eukariotik. Fungsi utama dari nukleus adalah untuk mengontrol seluruh aktivitas yang ada di dalam sel dengan mengelola ekspresi gen. Selain itu, nukleus juga berfungsi untuk mengorganisasikan gen saat terjadi pembelahan sel, memproduksi mRNA untuk mengkodekan protein, sebagai tempat sintesis ribosom, tempat terjadinya replikasi dan transkripsi dari DNA, serta mengatur kapan dan di mana ekspresi gen harus dimulai, dijalankan, dan diakhiri.


3. Sitoplasma

Sitoplasma merupakan cairan sel yang terdapat di dalam sel, kecuali di dalam inti dan organel sel. Sitoplasma bersifat koloid, yakni tidak padat dan tidak cair. Sitoplama mengandung organel-organel sel yang di antaranya ialah sebagai berikut :

1) Retikulum Endoplasma

Retikulum Endoplasma ialah perluasan membran yang berhubungan dan membentuk saluran pipih di dalam sitoplasma. Saluran tersebut memiliki fungsi untuk membantu gerakan substanasi dari satu bagian sel ke bagian sel yang lain. Retikululum endoplasma terbagi menjadi dua, yaitu:

a) Retikulum Endoplasma Kasar (REK)

Permukaan REK ini diselubungi olehribosom yang merupakan tempat sintesis protein. REK berfungsi untuk mendukung sintesis protein dan menyalurkan bahan genetik antara inti sel dengansitoplasma.

b). Retikulum Endoplasma Halus (REH)

Berbeda dengan REK, REH tidakdiselubungi oleh ribosom sehingga permukaannya halus. Pada permukaannya,terdapat enzim-enzim untuk melakukan sintesis lipid, glikogen, dan persenyawaan steroid.


2) Badan Golgi

Badan Golgi merupakan sekelompok vesikula (kantong) pipih yang dikelilingi oleh membran. Pada sel hewan terdapat 10-20 badan Golgi. Sedangkan pada sel tumbuhan, terdapat ratusan badan Golgi. Pada sel tumbuhan, organel ini biasa disebut diktiosom. Fungsi badan Golgi ialah sebagai berikut:

a) Membentuk membran plasma
b) Membentuk dinding sel tumbuhan
c) Membentuk akrosom pada spermatozoa yang berisi enzim untuk memecah dinding sel telur
d) Untuk sekresi polisakarida  

3) Ribosom 

Ribosom merupakan organel terkecilpada sitoplasma. Ribosom terdapat bebas pada sitoplasma atau melekat pada retikulum endoplasma kasar. Terdapat dua subunit pada ribosom, yaitu subunit kecil dan subunit besar. Ribosom disintesis dalam nuklus dan berfungsi untuk sintesis protein.


4) Lisosom

Lisosom merupakan kantong yang dikelilingi membran tinggal yang digunakan sel untuk mencerna makromolekul. Lisosom dihasilkan oleh badan Golgi yang penuh protein. Lisosom berisi berbagai jenis enzim yang dapat memecah polisakarida, lipid, fosfolipid, asam nukleat, dan protein.

Fungsi lisosom, yaitu untuk melakukan pencernaan intrasel, autofagi, eksositosis, autolysis, dan menghancurkan senyawa karsinogenik.


5) Mitokondria

Mitokondria adalah organel yang berfungsi sebagai penghasil energi sel. Mitokondria mempunyai dua membran, yaitu membran dalam dan membran luar. Membran luar memiliki permukaan halus, sedangkan membran dalam berlekuk-lekuk. Mitokondria terusun dari krista (tonjolan perluasan dari membran dalam) dan matriks mitokondria (ruang dalam yang kaya akan enzim sitokrom, DNA, RNA, dan protein).

Fungsi dari mitokondria ialah sebagai berikut:

a) Tempat berlangsungnya respirasi sel.
b)  Menghasilkan energi dalam bentuk ATP.
c)  Menjaga konsentrasi ion kalsium.
d)  Mendetoksifikasi amonia.

Sel juga terdiri dari sel tumbuhan dan sel hewan. Apa sih bedanya? Sel hewan ialah sel eukariotik yang menyusun jaringan hewan. Sel hewan berbeda dari sel eukariotik lain, seperti sel tumbuhan, karena mereka tidak memiliki dinding sel, dan kloroplas, dan biasanya mereka memiliki vakuola yang lebih kecil, bahkan tidak ada. Sedangkan sel tumbuhan adalah bagian terkecil dari setiap organ tumbuhan. Sel tumbuhan adalah penggerak dari suatu tumbuhan itu sendiri. Sel tumbuhan cukup berbeda dengan sel organisme eukariotik lainnya. Apa saja ciri-cirinya? Mari kita lihat.

Ada Vakuola, dia sel yang besar (dikelilingi membran yang disebut tonoplas), yang menjaga turgor sel, dan mengontrol pergerakan molekul di antara cytosol dan getah.

Lalu ada Dinding sel yang tersusun atas selulosa dan protein, dalam banyak kasus lignin, dan disimpan oleh protoplasma di luar membran sel. Ini berbeda dengan dinding sel fungi, yang dibuat dari kitin, dan prokariotik, yang dibuat dari peptidoglikan.

Ada Plasmodesmata, yang merupakan pori-pori penghubung pada dinding sel yang memungkinkan setiap sel tumbuhan berkomunikasi dengan sel berdekatan lainnya. Ini berbeda dari jaringan hifa yang digunakan oleh fungi.

Ada Plastida, terutama kloroplas yang mengandung klorofil, pigmen yang memberikan warna hijau bagi tumbuhan dan memungkinkan terjadinya fotosintesis.

Kelompok tumbuhan tidak berflagella (termasuk konifer dan tumbuhan berbunga) juga tidak memiliki sentriol yang terdapat di sel hewan.


Jadi, gimana nih sobat nimu? Sudah mulai tercerahkan apa itu struktur sel dan apa saja yang ada di dalam sel. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua ya!

Sumber:



Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Halo Sobat Nimu! Nah, sebelumnya kalian udah belajar tentang konsep sel. Sekarang kita masuk ke subbab perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Emang apa aja sih perbedaannya? Biar lebih paham lagi, ayo kita bahas !

Tapi sebelum itu, sobat nimu perhatikan tabel di bawah ini dulu yaa...

Organel Sel Hewan Sel Tumbuhan
Sentriol Ada -
Lisosom Ada -
Vakuola Kecil Besar
Dinding Sel - Ada
Plastida - Ada

Setelah melihat tabel di atas sobat Nimu pasti sudah mulai bisa membedakan antara sel hewan dan tumbuhan bukan? Sekang kita bahas lebih dalam lagi yaa.

A. Ciri Khas Sel Tumbuhan

1. Dinding Sel

Perbedaan yang paling menonjol pada sel tumbuhan terdapat pada dinding selnya. Lalu, apa sih dinding sel itu? Dinding sel adalah bagian sel yang berada pada sel tumbuhan, fungsinya sebagai pelindung dan penunjang sel. Akibat dinding sel ini lah tumbuhan tidak dapat bergerak dengan bebas. Dinding sel ini juga yang akan menghasilkan tekanan turgor yang disebabkan oleh pembengkakan sel tumbuhan (turgid) sehingga sel tumbuhan tidak akan pecah.

2. Plastida

Perbedaan menonjol kedua ialah plastida. Plastida adalah organel bermembran ganda. Terdiri dari kloroplas, kromoplas, dan leukoplas.

a. Kloroplas

Berfungsi menyimpan pigmen klorofil (zat hijau daun) untuk fotosintesis

b. Kromoplas

Berfungsi menyimpan pigmen kuning, jingga, dan merah seperti karoten fikoeritrin

c. Leukloplas

“Leuco” diambil dari bahasa Yunani artinya“putih” atau dalam kata lain tidak berwarna. Jadi leukloplas adalah plastidayang tidak berwarna. Berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan seperti amilum, protein, dan lemak)

3. Vakuola

Dalam sel tumbuhan, vakuola berukuran besar. Namun, apakah vakuola itu? Vakuola adalah organel bermembran yang berisi cairan vakuola. Fungsi vakuola sebagai tempat cadangan makanan, pigmen, dan sisa metabolisme.


B. Ciri Khas Sel Hewan

1. Sentriol

Terdiri atas sepasang badan berbentuk tabung/silider yang mempunyai lubang tengah. Jika kalian sudah mempelajari materi pembelahan sel, kalian akan tidak asing dengan ‘benang spindel’ nah itulah mikrotubulus yang menyusun sentriol. Jadi, jelas bahwa sentriol berperan dalam proses pembelahan sel.

2. Lisosom

Perbedaan yang menonjol selanjutnya adalah lisosom. Lisosom terbungkus oleh selapis membran dan terbentuk dari pertunasan vesikel badan golgi. Nah, lisosom ini menghasilkan enzim hidrolitik (lisozim). Fungsi enzim lisozim sendiri ialah mencerna makromolekul secara intraseluler dan merusak sel-sel asing (imunitas). Selain itu, lisosom juga membantu menghancurkan sel yang rusak atau mati.

3. Vakuola

Kalau sebelumnya Sobat Nimu sudah tahu bahwa vakuola di tumbuhan berukuran besar, maka sebaliknya. Pada sel hewan vakuola berukuran kecil yang umumnya terdapat pada hewan bersel satu. Menurut fungsinya vakuola ini dibagi menjadi dua jenis. Apa aja sih? Yuk simak!

a. Vakuola Kontraktil yang berguna untuk menjaga tekanan osmotik

b. Vakuola non-kontraktil sesuai namanya non-kontraktil artinya vakuola tak berdenyut. Vakuola kontraktil lebih sering kita dengar dengan vakuola makanan karena berfungsi untuk mencerna makanan dan mengedarkan hasil pencernaan ke seluruh tubuh

Nah, kalian telah mempelajari perbedaan sel hewan dan tumbuhan. Ternyata ada beberapa perbedaan antara organelnya seperti dinding sel yang hanya ada di tumbuhan atau sentiol yang hanya terdapat pada sel hewan. Bahkan perbedaan tersebut memberikan efek terhadap kehidupannya.


Referensi :

Kistinnah, Idun dan Endang Sri Lestari. 2009. Biologi Mahkluk Hidup dan Lingkungannya SMA/MA. Jakarta. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Fajrul. 2019. Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan (+Gambar dan Penjelasan Lengkap). Diambil dari : https//saintif.com/perbedaan-sel-hewan-dan-sel-tumbuhan. Diakses pada 12 November 2020 pukul 21.30 WIB.

Tentor, Tim Super dkk. 2018. Top One Ulangan Harian Pilihan Cerdas Menjadi Bintang Kelas. Jakarta. Bintang Wahyu.

Nimba Ilmu
Tempat Belajar Bersama Paling Asyik

Postingan Terkait

1 komentar

Berkomentarlah dengan sopan dan santun ya :D Jika ingin mendapatkan notifikasi bahwa komentarmu telah dibalas, silahkan tekan kotak "Beri tahu saya".