0XVOkzIOMuVO2ISulfVeSoRy4XR0Z5HcQhXOZ6RK

Angka Penting

Ada buaya namanya Bani,

Sekali ketemu hilang dalam bayang,

Bagaimana kabar hari ini?

Bahagia selalu ya, sayang.

Hola, Sobat Nimu! Bagaimana pantunnya? Lumayan, kan?
Saya punya cerita nih, Sob. Yuk baca.

Ada tiga saudara bernama Al, El, dan Dul baru saja pulang sekolah. Mereka berangkat dan pulang jalan kaki karena rumahnya dekat. Saat Dul berbicara, Al dan El tidak mendengarkannya. Al sedang mendengarkan musik menggunakan headphone, sedangkan El sedang mengangkat telepon dari ibunya, di mana isi percakapannya memberitahukan bahwa rumah kosong dan kunci ada di tempat biasanya. Dul kesal karena tidak ada yang mendengarkannya. Akhirnya Dul menempelkan badannya ke tembok. Kedua saudaranya bingung dengan apa yang dilakukan Dul. Ternyata Dul sedang mengukur panjang tembok menggunakan depanya. Kedua saudaranya pun melakukan yang Dul lakukan, tetapi dengan menggunakan alat ukur yang berbeda. Al menggunakan jengkalnya, sementara El menggunakan hastanya. Hasil panjang tembok yang didapat, yaitu Al $20$ jengkal, El $10$ hasta, dan Dul $4$ depa.

Dari cerita di atas, angka yang sudah pasti nilainya yaitu $3$ karena didapat dari hasil perhitungan, sedangkan $20$ jengkal, $10$ hasta, dan $4$ depa belum pasti nilainya karena didapat dari hasil pengukuran. Angka hasil dari pengukuran inilah yang disebut angka penting (AP).

Jadi, kalian bisa menyimpulkan, apakah hasil pengukuran akan selalu sama hasilnya ketika menggunakan alat-alat yang berbeda? Jawabannya adalah tidak sama. Kok bisa, ya? Hal itu karena skala terkecil dari alat ukur yang satu dengan lainnya berbeda sehingga akan menghasilkan nilai yang berbeda juga. Maksudnya bagaimana? Sederhananya seperti cerita di atas. Namun, pengukuran seperti di atas akan menimbulkan perbedaan pengukuran.

Sumber: www.plengdut.com

Nah, untuk menghindari selisih paham dan untuk mempermudah pengukuran ditetapkanlah angka penting (AP). Untuk penjelasan lebih lanjut, yuk simak ulasan berikut ini.

Jika kamu menemukan tulisan-tulisan aneh seperti ada tulisan dollar ($), \frac, \ge, \le, dan lain-lain, harap ditunggu sebentar ya hehe... Karena rumus matematika masih loading... Kalau masih tidak berubah, silahkan tulis di komentar ya... Dan ketika muncul tulisan [Math Processing Error], kamu harus refresh halamanmu. Ketika menemukan rumus matematika yang terpotong (terutama pengguna HP), kusarankan kamu untuk mengubah posisi HP mu menjadi landscape oke!


A. Pengertian Angka Penting

Pengertian
Angka penting (AP) adalah angka hasil pengukuran. Angka ini mewakili ketidakpastian dalam pengukuran. Angka ini terdiri dari angka pasti dan angka tafsiran.

Contoh:

Sumber: indrykick.wordpress.com

Keterangan:

Angka $13,5$ mm adalah angka pasti

Angka $0,17$ mm adalah angka tafsiran


B. Angka Penting vs Angka Eksak

Angka penting sama ngga sih sama angka biasa? Jelas ngga dong.

Perbedaan
Angka penting adalah hasil yang diperoleh dari hasil pengukuran menggunakan alat ukur dan nilainya tidak bulat, sedangkan angka biasa atau yang disebut angka eksak adalah angka yang diperoleh dari kegiatan membilang dan nilainya sudah pasti bulat.

Contoh angka penting:

Debby mengukur sebuah gelas berisi air $200,5$ L. $200,5$ adalah angka penting. Mengandung empat angka penting, yaitu $2$, $0$, $0$, dan $5$.

Contoh angka eksak:

Amanda mempunyai $3$ buah pulpen, $2$ buah pensil, dan $1$ buah penghapus.


C. Aturan Angka Penting

1.   Semua angka bukan nol merupakan angka penting.

Misal:

-   $123$ memiliki tiga angka penting, yaitu $1$, $2$, dan $3$

-   $9,987$ memiliki empat angka penting, yaitu $9$, $9$, $8$, dan $7$

2.   Semua angka nol yang terletak di antara dua angka bukan nol termasuk angka penting.

Misal:

-   $1,001$ memiliki empat angka penting, yaitu $1$, $0$, $0$, dan $1$

-   $4,035$ memiliki empat angka penting, yaitu $4$, $0$, $3$, dan $5$

3.   Angka nol yang terletak di sebelah kanan angka bukan nol termasuk angka penting, kecuali ada penjelasan lain (biasanya diberi tanda garis bawah pada angka terakhir yang masih dianggap angka penting).

Misal:

-   $87,5000$ memiliki enam angka penting, yaitu $8$, $7$, $5$, $0$, $0$, dan $0$

-   $87,5000$ memiliki enam angka penting, yaitu $8$, $7$, $5$, $0$, $0$, dan $0$

4.   Angka nol yang terletak di sebelah angka tanda koma dan angka bukan nol termasuk angka penting.

Misal:

-   $6,079$ memiliki empat angka penting, yaitu $6$, $0$, $7$, dan $9$

-   $3,003$ memiliki empat angka penting, yaitu $3$, $0$, $0$, dan $3$

5.   Angka nol yang terletak di sebelah kiri angka bukan nol, baik yang terletak di sebelah kiri maupun kanan tanda koma bukan termasuk angka penting.

Misal:

-   $0,71$ memiliki dua angka penting, yaitu $7$ dan $11$

-   $0,0002$ memiliki satu angka penting, yaitu $2$

6.   Semua angka sebelum orde dalam notasi ilmiah termasuk angka penting.

Misal:

-   $0,71$ = $71$ × $10$-$2$ memiliki dua angka penting, yaitu $7$ dan $1$

-   $0,0002$ = $2$ × $10$-$4$ memiliki satu angka penting, yaitu $2$


D. Aturan Pembulatan Angka Penting

Sobat Nimu, kalian pernahkan melihat harga suatu barang di label harga berbeda dengan yang di kasir? Di label harga tertulis Rp$29.850$, sedangkan kita membayar Rp$29.900$ di kasir. Itulah yang disebut pembulatan. Namun, pembulatan di fisika berbeda dengan yang ada di kehidupan sehari-hari. Jika dalam kehidupan sehari-hari Rp$29.850$ dibulatkan menjadi Rp$29.900$. Di dalam fisika Rp$29.850$ dibulatkan menjadi Rp$29.800$. Kok beda, ya? Jadi murah gitu karena dalam fisika pembulatan ada aturannya. Apa saja ya aturannya?

1.   Angka-angka yang lebih besar dari $5$ dibulatkan ke atas.

Contoh:

Lisa membeli buku fisika kelas $10$ seharga Rp$110.999$, maka dibulatkan menjadi Rp$111.000$.

2.   Angka-angka yang lebih kecil dari $5$ dibulatkan ke bawah.

Contoh:

Rose membeli novel seharga Rp$74.425$, maka dibulatkan menjadi Rp$74.400$.

3.   Angka $5$ dibulatkan ke atas, jika angka sebelumnya ganjil.

Contoh:

Jiso sedang mengukur panjang suatu benda menggunakan mikrometer sekrup. Hasil yang didapat adalah $8,75$, maka dibulatkan menjadi $8,8$.

4.   Angka $5$ dibulatkan ke bawah, jika angka sebelumnya genap.

Jennie sedang mengukur panjang suatu benda menggunakan jangka sorong. Hasil yang didapat adalah $4,65$, maka dibulatkan menjadi $4,6$.


E. Perhitungan Angka Penting

Dalam menghitung angka penting, ada syaratnya. Apa saja syaratnya?

a.   Penjumlahan dan Pengurangan

Syarat penjumlahan dan pengurangan angka penting dilihat dari angka desimal yang paling besar, lalu gunakan angka tersebut sebagai patokan penulisan angka penting.

Ibu membeli apel $3,5$ kg dan jeruk $4$ kg. Lalu ibu memberikan setengahnya kepada bibi. Berapakah berat buah ibu sekarang (berdasarkan angka penting)?

Dari contoh di atas terdapat penjumlahan dan pengurangan angka penting.

$3,5$ memiliki $2$ angka penting

$4$ memiliki $1$ angka penting

$3,75$ memiliki $3$ angka penting

Dapat kita lihat bahwa $4$ adalah desimal terbesar. Jadi, hasil penjumlahan dan pengurangan contoh di atas hanya memiliki $1$ AP karena $4$ hanya memiliki $1$ AP. \[3,5 + 4-3,75 = 3,75\] Kita bulatkan menjadi $4$.

Kesimpulan:

Jadi, berat buah ibu sekarang adalah $4$ kg.

b.   Perkalian dan Pembagian

Syarat perkalian dan pembagian angka penting dilihat dari angka dengan angka penting paling sedikit.

Ada suatu meja berbentuk persegi panjang. Panjang meja itu $100$ cm dan lebarnya $50,25$ cm. berapakah luas meja (berdasarkan angka penting)?

Contoh di atas terdapat perkalian angka penting.

$100$ memiliki $3$ angka penting

$50,25$ memiliki $4$ angka penting

Dapat kita lihat bahwa $100$ adalah angka penting yang paling sedikit karena hanya memiliki $3$ AP. Jadi, hasil perkalian contoh di atas memiliki $3$ AP. \begin{align*}L &= p\times l \\ &= 100 \times 50,25 \\ &= 5025 \; \text{cm}^2  \end{align*} $5025$ kita bulatkan menjadi $502$ cm$^2$.


Daftar Pustaka

Supadi. Rosalla, Dewi. Gita, Yhoseph Gita. $2017$. Big Book Fisika.Jakarta Selatan.Cmedia Imprint Kawan Pustaka

Hadi, Irmawan. $2015$. Mengukur, Ukuran, dan Satuan Pengukuran. Diambil dari https://www.plengdut.com/2015/07/mengukur-ukuran-dan-satuan-pengukuran.html .Diakses pada $8$ November $2020$ pukul $15.58$ WIB.

Indrykick. $2012$. Angka Penting. Diambil dari https://indrykick.wordpress.com/tag/angka-penting/. Diakses pada $8$ November $2020$ pukul $15.50$ WIB.

Anashir. $2017$. Aturan Angka Penting dan Pembulatan. Diambil dari https://www.anashir.com/fisika/angka-penting-dan-operasi-perhitungannya/. Diakses pada $9$ November $2020$ pukul $21.15$ WIB.

Binjai, Ilmuwan. $2019$. Angka Penting: Aturan, Pembulatan, dan Operasi Hitung. Diambil dari https://www.fisikabinjai.xyz/2019/11/angka-penting.html. Diakses pada $9$ Noember $2020$ pukul $21.55$ WIB

Nimba Ilmu
Tempat Belajar Bersama Paling Asyik

Postingan Terkait

Posting Komentar