0XVOkzIOMuVO2ISulfVeSoRy4XR0Z5HcQhXOZ6RK

Beasiswa Penuh S1 Keluar Negeri yang Bisa Kalian Coba -Part 2

Halo sobat nimu! Apa kabar nih? Masih sehat-sehat aja kan ya hehe. Sesuai dengan janjiku pada post ini https://www.nimbailmu.com/2020/09/beasiswa-penuh-s1-keluar-negeri-yang.html , aku bakal bagiin lagi ke kalian daftar-daftar beasiswa ke luar negeri untuk S1 yang bisa kalian coba. Buat yang baru baca artikel ini, aku saranin kalian baca artikelku sebelumnya ya…


1. Westminster Undergraduate Full Scholarship

Yang pertama disini ada Westminster Undergraduate Full Scholarship. Berbeda dengan beasiswa Jardine yang menawarkan studi di Oxford atau Cambriedge. Beasiswa ini menawarkan untuk melanjutkan studi di University of Westminster di Inggris. Selain bebas biaya kuliah, beasiswa ini juga sudah mencakup biaya hidup, akomodasi, dan tiket pesawat lho sobat nimu. Sebelum mendaftar, kalian harus mendaftar dulu ke universitas ini dan diterima. Setelah menerima offer baik conditional atau unconditional, kalian bisa mengajukan beasiswa ke universtas ini. Beasiswa ini akan diperbarui setiap tahunnya tergantung prestasi akademik kalian. Untuk pengajuan beasiswanya sendiri sekitar bulan Mei. Sedangkan untuk pendaftaran universitas, tergantung setiap tahunnya. 


2. Indian Council for Cultural Relation (ICCR), India

Kalau denger India, apa nih yang sobat nimu pikirin? Jangan bilang kalian ingetnya Icha, Jodha Akbar, Ashoka dan kawan-kawannya hwhw. Negara yang memang terkenal akan bollywood ini memang sangat unik dan berbeda dengan negara lainnya. Buat kalian yang tertarik untuk melanjutkan studi ke India, ini ada beasiswa yang wajib kalian coba yaitu Indian council for cultural realtion (ICCR). Dengan bahasa pengatar bahasa Inggris, kalian tidak perlu khawatir dengan bahasanya sobat nimu. Disini kita akan mengenal India lebih dekat hehe. Beasiswa ini sudah mencakup biaya hidup, akomodasi, buku, penelitian, dsb. Untuk info lengkapnya kalian bisa search sendiri ya. Biasanya sih sekitar bulan Januari – Februari gitu. Jadi jangan lupa untuk disiapkan ya wan kawan.


3. Science & Technology Undergraduate Scholarship

Selanjutnya adalah beasiswa ke negara tetangga kita yaitu Singapura. Beasiswa ini mencangkup tunjangan hidup dan kuliah di National University Singapore terkait bidang studi  sains dan teknologi. Beasiswa ini ditawarkan untuk negara-negara di luar Singapura (Asia) termasuk Indonesia. Kalau sobat nimu tertarik dengan beasiswa ini, kalian bisa cari informasi lebih lanjut dengan mengunjungi website resminya yaitu http://www.nus.edu.sg atau search di mesin pencari google. Biasanya pendaftaran dibuka sekitar bulan Desember sampai dengan Januari. Jika kalian mendaftar NUS atau NTU, kalian akan otomatis ikut dalam beasiswa ini. Setelah lulus, penerima beasiswa wajib bekerja selama 6 tahun di perusahaan Singapura. Kalau teman-teman tertarik nih, bisa mulai rajin cari info beasiswa ini ya….


4. ASEAN Undergraduate Scholarship (AUS)

Sumber: news.detik.com

Hampir sama dengan beasiswa Science & Technology Undergraduate Scholarship, beasiswa ini menawarkan program studi di universitas-universitas terbaik Singapura termasuk NTU. Jika kalian mendaftar di universitas yang memiliki program AUS, maka kalian juga akan secara otomatis mendaftar beasiswa ini. Para peraih beasiswa nantinya setelah lulus akan diminta bekerja selama 3 tahun di Singapura. Kalau kalian tertarik nih sobat nimu, kalian bisa mencari jadwal pendaftaran di website universitas yang kalian inginkan. 


5. Beasiswa Brunei

Oke selanjutnya ada beasiswa Brunei atau dinamai dengan Brunei Darussalam Government Scholarship for Foreign Students. Beasiswa ini disediakan oleh Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Brunei Darussalam. Universitas tujuan studi pun merupakan universitas-universitas terbaik di negara ini seperti Universiti Brunei Darussalam (UBD), Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), Universiti Teknologi Brunei (UTB), dan Politeknik Brunei (PB). Beasiswa ini sudah mencakup akomodasi, buku, biaya hidup, tunjangan, dan biaya pendidikan.Biasanya dibuka sekitar bulan Januari – Februari.


Itu tadi 5 beasiswa yang menurutku wajib banget buat kalian coba. Tetap cari informasi dan pantau terus  supaya kalian bisa mempersiapkan diri lebih awal. Tetap semangat hehe… 

Pendidikan adalah tiket masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini
Malcolm X
Nimba Ilmu
Tempat Belajar Bersama Paling Asyik

Postingan Terkait

1 komentar

Berkomentarlah dengan sopan dan santun ya :D Jika ingin mendapatkan notifikasi bahwa komentarmu telah dibalas, silahkan tekan kotak "Beri tahu saya".