0XVOkzIOMuVO2ISulfVeSoRy4XR0Z5HcQhXOZ6RK

Soal dan Pembahasan - Hakikat Fisika

Halo sobat nimu! Kali ini, kita bakal ngerjain soal bareng mengenai materi fisika kita yang pertama yaitu, ruang lingkup, metode ilmiah, dan keselamatan kerja. Sebelum mengerjakan soal ini, aku sarankan kalian baca dulu  yang sebelumnya ya… Yuk langsung saja kita mulai.


Soal 1.

Dalam fisika, produk merupakan kumpulan pengetahuan yang di antaranya meliputi . . . . 
A. Fakta, konsep, dan hukum
B. Konsep, teori, dan hipotesis
C. Dugaan, kesimpulan, dan data
D. Hukum, fakta, dan data
E. Teori, hipotesis, dan hukum
Seperti yang udah aku bahas sebelumnya, hakikat fisika sebagai cabang dari sains adalah sebagai produk, sikap, dan proses. Produk disini merupakan kumpulan pengetahuan yang meliputi fakta, konsep, prinsip, hukum, rumus, teori, dan model. Kalau bisa aku buat jembatan keledai, ini bisa disingkat dengan Farah Konser Pribadi Vakum Rutemo. Ini jembatan keledai versi aku ya wkwk..., biar kalian cepat menghafalnya. Jadi jawaban yang tepat adalah A. Fakta, konsep, dan hukum.

Soal 2.

Urutan langkah-langkah dalam metode ilmiah yang tepat adalah . . . . 
A. Hipotesis – merumuskan masalah – eksperimen – kesimpulan
B. Hipotesis – eksperimen – merumuskan masalah – kesimpulan 
C. Eksperimen – hipotesis – merumuskan masalah – kesimpulan 
D. Merumuskan masalah – hipotesis – eksperimen – kesimpulan 
E. Merumuskan masalah – eksperimen – hipotesis – kesimpulan
Hakikat fisika sebagai suatu proses, tentu ada langkah-langkah ilmiah untuk menghasilkan produk ini yang disebut sebagai metode ilmiah. Metode ilmiah ini diawali dengan merumuskan masalah setelah melakukan observasi, membuat hipotesis, kemudian membuktikan hipotesis kita ini dengan melakukan eksperimen, setelah itu kita kaji berkali-kali untuk mendapatkan kesimpulan. Jadi, jawaban yang tepat adalah D. Merumuskan masalah – hipotesis – eksperimen – kesimpulan.

Soal 4.

Dalam suatu penelitian, Ardi menyiapkan beberapa alat seperti mikrometer sekrup, jangka sorong, dan penggaris untuk mengukur diameter bola kecil. Langkah yang dilakukan Ardi dalam tahap metode ilmiah dinamakan . . . . 
A. Menyusun hipotesis
B. Melakukan eksperimen 
C. Melakukan pengamatan 
D. Analisis dan interpretasi data 
E. Pengambilan kesimpulan
Langkah yang dilakukan Ardi ini disebut sebagai eksperimen. Karena disini, Ardi melakukan pratik nyata untuk mengetahui berapa diameter dari bola kecil.
Jadi, jawaban yang tepat adalah B. Melakukan eksperimen.

Soal 5.

Dalam melakukan penelitian di laboratorium, seorang peneliti tidak boleh membuang limbah ke sembarang tempat. Limbah harus dinetralkan terlebih dahulu sebelum dibuang ke lingkungan. Hal ini menunjukkan bahwa seorang peneliti harus memiliki sikap ilmiah berupa . . . . 
A. Gigih dengan disertai keyakinan
B. Terbuka dan fleksibel 
C. Bertanggung jawab 
D. Jujur dengan fakta 
E. Bekerja sama
Limbah laboratorium dapat bersifat berbahaya bagi lingkungan sehingga tidak boleh dibuang sembarangan. Dengan menetralkan limbah terlebih dahulu sebelum dibuang, itu artinya peneliti bertanggung jawab dengan tindakannya. Dia tahu konsekuensi yang ada sehingga berusaha agar tidak merusak lingkungan. 
Jadi, jawaban yang tepat adalah C. Bertanggung jawab.

Soal 6.

Seorang pembalap melakukan gaya sentripetal ketika melakukan belokan di tikungan. Hal ini dikatakan bahwa pembalap menerapkan cabang fisika yang dinamakan . . . . 
A. Fluida
B. Mekanika 
C. Fisika inti 
D. Elektromagnetik 
E. Elektrostatis
Fisika memiliki ruang lingkup pembahasan yang cukup luas. Dengan sebab inilah, banyak cabang-cabang ilmu yang menjadi perluasan dari ilmu fisika. Gaya sentripetal masuk ke dalam cabang fisika yang mempelajari tentang gerak yaitu mekanika. 
Jadi, jawaban yang tepat adalah B. Fisika inti.

Soal 7.

Cabang fisika yang memelajari pemancaran, perilaku, serta dampak elektron atau partikel bermuatan disebut . . . . 
A. Elektronika
B. Elektrostatis 
C. Elektrodinamis 
D. Teknik elektro 
E. Bio elegtromagnetik
Elektronika adalah cabang fisika yang memelajari pemancaran, perilaku, dan dampak elektron serta alat-alat yang menggunakannya. 
Elektrostatis adalah cabang fisika yang berkaitan dengangaya yang dikeluarkan oleh medan listrik statis (tidak berubah atau bergerak) terhadap objek bermuatan yang lain. Elektrodinamis adalah cabang teori fisika yang memelajari tentang akibat dari gaya elektromagnetik antara muatan listrik dan arus listrik.
Teknik elektro adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
Bio elegtromagnetik adalah bertitik pada medan listrik, medan magnetik, atau medan elektromagnetik yang dihasilkan oleh sel atau jaringan pada makhluk hidup. 
Jadi, jawaban yang tepat adalah A. Elektronika.

Soal 8.

Cabang fisika yang memelajari pemancaran, perilaku, serta dampak elektron atau partikel bermuatan disebut . . . . 
A. Elektronika
B. Elektrostatis 
C. Elektrodinamis 
D. Teknik elektro 
E. Bio elegtromagnetik
Elektronika adalah cabang fisika yang memelajari pemancaran, perilaku, dan dampak elektron serta alat-alat yang menggunakannya. 
Elektrostatis adalah cabang fisika yang berkaitan dengangaya yang dikeluarkan oleh medan listrik statis (tidak berubah atau bergerak) terhadap objek bermuatan yang lain. Elektrodinamis adalah cabang teori fisika yang memelajari tentang akibat dari gaya elektromagnetik antara muatan listrik dan arus listrik.
Teknik elektro adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
Bio elegtromagnetik adalah bertitik pada medan listrik, medan magnetik, atau medan elektromagnetik yang dihasilkan oleh sel atau jaringan pada makhluk hidup. 
Jadi, jawaban yang tepat adalah A. Elektronika.

Soal 8.

Menurut badan penerbangan dan antariksa Amerika Serikat, gerhana matahari hibrid pada tahun 2049 akan dimulai dan diakhiri dengan gerhana matahari cincin dan memuncak dalam bentuk gerhana matahari total. Simulasi eclipse.star.gs menunjukkan gerhana matahari cincin akan dimulai di wilayah timur Afrika. Puncak gerhana, dalam bentuk gerhana matahari total, akan terjadi di Samudera Hindia barat Sumatra. Sementara itu, gerhana akan berakhir di pasifik (Kompas.com). Cabang fisika yang mempelajari fenomena seperti wacana di atas adalah . . . . 
A. Fisika energi
B. Astronomi 
C. Fisika modern 
D. Geofisika 
E. Mekanika
Di soal tersebut membahas mengenai cabang fisika yang meneliti mengenai antariksa atau benda langit seperti bintang, planet, komet, dll, serta fenomena yang berkaitan dengan luar angkasa. Cabang fisika ini disebut sebagai astronomi. 
Jadi, jawaban yang tepat adalah B. Astronomi.

Soal 9.

Budi beserta teman-temannya bekerja sama melakukan pratikum menggunakan lensa dan cermin. Berarti Budi dan teman-temannya sedang memelajari salah satu cabang fisika yaitu . . . . 
A. Fisika modern
B. Fisika optik 
C. Fisika lensa 
D. Fisika medis 
E. Fisika cermin
Cabang fisika yang membahas tentang penggunaan lensa dan cermin, perilaku berkas cahaya pada alat-alat optik yang meliputi lensa, lup, cermin, teropong, hingga teleskop adalah fisika optik. Ilmu ini menggambarkan perilaku dan sifat cahaya dan interaksi cahaya dengan materi. Jadi, jawaban yang tepat adalah 
Jadi, jawaban yang tepat adalah C. Fisika lensa.

Soal 10.

Peran fisika dalam teknologi memberikan banyak keuntungan. Namun, disamping itu juga memberikan dampak negatif yang merugikan manusia diantaranya adalah . . . . 
A. Membantu astronaut untuk melakukan perjalanan ke angkasa luar dengan pesawat ulang alik
B. Terjadi pencemaran udara akibat gas belerang, seperti gas karbon monoksida 
C. Munculnya inovasi transportasi modern yang menggunakan listrik dan elegtromagnetik 
D. Berkembangnya sistem jaringan listrik dengan alternatif sumber energi bagi pembangkit listrik 
E. Berkembangnya gadget dan kegunaannya
Perkembangan fisika tentu memberikan banyak keuntungan terhadap berbagai bidang. Dulu orang menganggap bahwa manusia mustahil bisa ke bulan, tetapi berkat perkembangan ilmu fisika juga, hal itu dapat diwujudkan. Walau demikian, tentu ada dampak negatif yang ditimbulkannya yaitu terjadinya pencemaran udara akibat gas belerang, seperti gas karbon dioksida. Perkembangan sains membuat industri juga berkembang dengan pesat, hal ini justru memberi dampak terhadap pencemaran lingkungan. 
Jadi, jawaban yang tepat adalah B. Terjadi pencemaran udara akibat gas belerang, seperti gas karbon monoksida.

Soal 11.

Sebuah botol kimia memiliki tanda pada label seperti gambar berikut ini.
Arti dari lambang bahaya tersebut adalah . . . . 
A. Mudah teroksidasi
B. Mudah terbakar
C. Mudah meledak 
D. Mudah berkarat 
E. Beracun
Materi mengenai lambang-lambang berbahaya telah kubahas sebelumnya di artikel ini. Lambang di atas memiliki arti Mudah meledak ($E$ = explosife) sehingga perlu dihindarkan bahan ini dari benturan, tabrakan, guncangan, api atau panas. 
Jadi, jawaban yang tepat adalah C. Mudah meledak.

Soal 12.

Ketika kita hendak memasang tabung kaca ke penjepit tabung, yang harus kita lakukan adalah . . . . 
A. Meminta tolong guru
B. Memakai sarung tangan
C. Menekan tabung kaca ke penjepit tabung 
D. Memasangnya perlahan dengan gerakan memutar 
E. Mengisi penuh tabung dengan cairan
Supaya lebih kebayang penjepit tabung reaksi itu seperti apa, nih aku beri gambar penjepit tabung reaksi.
Yang harus kita lakukan ketika hendak memasang tabung kaca ke penjepit tabung ini adalah dengan memasangnya perlahan dengan gerakan memutar. Sehingga, tabung tidak pecah dan dapat terpasang ke dalam penjepit. Penjepit ini berfungsi untuk menjepit tabung ketika tabung dipanaskan, sehinggatidak terkena tangan secara langsung. 
Jadi, jawaban yang tepat adalah D. Memasangnya perlahan dengan gerakan memutar.

Soal 13.

Setelah selesai melakukan eksperimen, sisa bahan kimia yang sudah tidak digunakan sebaiknya . . . . 
A. Membiarkannya di area bekerja
B. Membuangnya ke keranjang sampah
C. Membuangnya ke wastafel 
D. Memindahkannya ke botol bekas
E. Mengembalikannya ke tempat semula
Supaya lebih kebayang penjepit tabung reaksi itu seperti apa, nih aku beri gambar penjepit tabung reaksi.
Sebaiknya, sisa-sisa bahan kimia selesai eksperimen dibuang ke wastafel dengan air mengalir. Supaya zat sisa tidak lama berada di suhu kamar dan membahayakan praktikan di ruangan. Selain itu, zat sisa yang dibuang ke keranjang sampah bahkan membiarkannya di area kerja akan sangat berbahaya. Zat sisa hasil eksperimen merupakan campuran dari berbagai bahan sehingga tidak mungkin untuk digunakan lagi bahkan dicampur dengan bahan semula. 
Jadi, jawaban yang tepat adalah C. Membuangnya ke wastafel.

Soal 14.

Hal yang tidak harus diperhatikan tentang keselamatan terhadap listrik saat bekerja di laboratorium adalah . . . . 
A. Jangan menghubungkan terlalu banyak peralatan listrik ke sebuah stopkontak.
B. Menggunakan sambungan kabel yang terlalu panjang.
C. Selalu mengelap tangan hingga kering untuk menghindari sengatan listrik. 
D. Memutuskan rangkaian dari suplai daya sebelum mengubah penyetelan
E. Supaya menggunakan alas kaki untuk menghindari sengatan listrik
Supaya lebih kebayang penjepit tabung reaksi itu seperti apa, nih aku beri gambar penjepit tabung reaksi.
Sebaiknya, sisa-sisa bahan kimia selesai eksperimen dibuang ke wastafel dengan air mengalir. Supaya zat sisa tidak lama berada di suhu kamar dan membahayakan praktikan di ruangan. Selain itu, zat sisa yang dibuang ke keranjang sampah bahkan membiarkannya di area kerja akan sangat berbahaya. Zat sisa hasil eksperimen merupakan campuran dari berbagai bahan sehingga tidak mungkin untuk digunakan lagi bahkan dicampur dengan bahan semula. 
Jadi, jawaban yang tepat adalah C. Membuangnya ke wastafel.

Soal 15.

Perhatikan langkah-langkah berikut:
  1. Menyalakan gas
  2. Menutup lubang udara
  3. Menyalakan korek api
Urutan prosedur yang tepat saat kita akan menyalakan pembakaran bunsen adalah . . . . 
A. 1 - 2 - 3
B. 1 - 3 - 2
C. 2 - 1 - 3 
D. 2 - 3 - 1
E. 3 - 1 - 2
Sobat nimu dah tahu belum, bunsen itu apa? Nih, aku beri gambarnya.
Cara menyalakan pembakar bunsen:
  1. Menutup lubang udara. Bertujuan supaya gas yang ada dalam pembakar bunsen tidak cepat habis
  2. Menyalakan korek api, untuk melakukan pembakaran.
  3. Menyalakan gas, untuk mengatur api.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 2 - 3 - 1.

Soal 16.

Saat kita sedang melakukan eksperimen, Nanda tanpa sengaja menjatuhkan tabung reaksi tersebut hingga pecah. Hal yang harus dilakukan oleh Nanda adalah . . . . 
A. Memanggil guru
B. Membersihkan pecahan tabung dengan tangan
C. Membiarkannya dan melanjutkan eksperimen 
D. Menutupnya dengan lap agar tidak ketahuan guru
E. Membersihkannya dengan sapu atau kain dan membuangnya ke tempat sampah
Saat berada dalam kondisi tersebut, yang harus dilakukan adalah segera membersihkannya dengan sapu supaya tidak ada yang menginjaknya kemudian mengelap tumpahan dengan kain dan membuang pecahan ke tempat sampah. Sehingga tidak ada pratikan lain yang terluka. 
Jadi, jawaban yang tepat adalah E. Membersihkannya dengan sapu atau kain dan membuangnya ke tempat sampah.

Soal 17.

Lambang bahaya untuk bahan yang dapat mengiritasi mata dan kulit adalah . . . . 
A.

B.

C.

D.

E.
Materi mengenai lambang-lambang berbahaya telah kubahas sebelumnya di artikel ini. Lambang yang dapat menyebabkan iritan atau iritasi dilambangkan dengan gambar berikut.
Bahan ini berbahaya dan dapat menyebabkan iritasi kulit, mata, hidung, dan tenggorokan. 
Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Soal 18.

Dalam melakukan eksperimen, ada tiga variabel yang perlu diperhatikan, yaitu . . . . 
A. Variabel bebas, terikat, dan kontrol
B. Variabel tetap, bebas, dan kontrol
C. Variabel berubah, bebas, dan tetap
D. Variabel tetap, berubah, dan kontrol
E. Variabel kontrol, terikat, dan bebas
Ada tiga variabel atau hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan percobaan, yang meliputi:
  • Variabel bebas : Variabel yang dapat diubah bebas oleh peneliti.
  • Variabel terikat : Variabel yang diteliti dan perubahannya ini bergantung pada variable bebas.
  • Variabel kontrol : Variabel kontrol adalah variabel yang dipertahankan atau diatur sehingga tidak berubah. Artinya tetap.

  • Jadi, jawaban yang tepat adalah A. Variabel bebas, terikat, dan kontrol.

    Soal 19.

    Arti lambang berikut ini adalah . . . .

    A. Oksidator
    B. Korosif
    C. Mudah terbakar
    D. Mudah meledak
    E. Berbahaya
    Materi mengenai lambang-lambang berbahaya telah kubahas sebelumnya di artikel ini. Gambar di atas adalah lambang tersebut bersifat korosif. Bahan ini sangat berbahaya apabila terkena kontak tubuh, karena dapat membunuh jaringan hidup seperti kulit dan mata. 
    Jadi, jawaban yang tepat adalah B. Korosif.

    Soal 20.

    Arti lambang berikut ini adalah . . . . 
    A.

    B.
    C.  

    D.
    E.
    Lambang yang menggambarkan zat radioaktif ditunjukan seperti gambar di bawah ini.

    Jadi, jawaban yang tepat adalah C..

    Benar berapa nih? Tulis di komentar ya... Terus soalnya udah cukup belum nih? Atau merasa kurang? :v Tenang saja kawan, karena aku orangnya baik kamu bisa download latihan soal + kunci jawaban dengan menekan tombol berikut ini. 
    Kalau ada yang ingin ditanyakan atau kurang jelas, silakan tulis pertanyaan kalian di komentar atau DM instagram nimba ilmu yaitu @nimbailmu_ Selamat mengerjakan dan terimakasih sobat nimu…! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.. 
    Nimba Ilmu
    Tempat Belajar Bersama Paling Asyik

    Postingan Terkait

    3 komentar

    1. Lanjutkan !!! Boleh nyumbang materi geo ngak
      Bisa dicek disini https://jekik11.blogspot.com

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wa.... makasih @jekik11 😊. Mimin rasa boleh dong... 😎. Kebanyakan dari kita menganggap bahwa geografi adalah pelajaran yang banyak menghafal dan tidak ada pengaplikasiannya nanti. Jadi,@jekik11 bisa membantu kita untuk lebih mudah memahaminya nih.... 🤗 Untuk caranya lihat di salah satu post di IG Nimba Ilmu ya.. @nimbailmu_

        Hapus
    Berkomentarlah dengan sopan dan santun ya :D Jika ingin mendapatkan notifikasi bahwa komentarmu telah dibalas, silahkan tekan kotak "Beri tahu saya".