0XVOkzIOMuVO2ISulfVeSoRy4XR0Z5HcQhXOZ6RK

Rekomendasi Film Anime Selama di Rumah Saja

 

Halo mina-san! Wah.. gimana nih kabarnya? Aku doakan kalian tetap sehat ya… *hiks (peluk online). Siapa disini yang suka nonton anime? Yuk… angkat tangan. Animasi dari Jepang ini memang banyak menarik perhatian. Pada kesempatan kali ini, aku akan memberikan daftar film anime yang bisa kalian tonton selama di rumah saja. Yaks.. kenapa film? Soalnya jenis seperti ini tidak banyak menyita waktu kita dibanding seri anime yang bisa ada beberapa season. Tentunya, ada banyak hal dan pelajaran yang bisa kalian ambil dari anime-anime. Apa saja daftarnya? Yuk langsung saja!


1. A Silent Voice (Koe no Katachi)

Sumber : wallpaperset.com

Genre : Drama

Durasi : 130 menit

Rilis : 2016

Jujur ini menurutku anime yang keren banget. Ada pesan yang dalam dan berani dalam anime ini. Anime ini berhasil mengangkat masalah-masalah sensitif seperti bullying, kecemasan sosial, depresi,  bunuh diri, dan disabilitas. A silent voice bermula dari seorang murid pindahan yang bernama Shoko Nishimiya yang berbeda karena ia tidak bisa mendengar atau tuli. Jadi dia harus menggunakan alat bantu supaya bisa mendengar.

Dengan segala keterbatasannya, ia berusaha untuk berkomunikasi dengan yang lain. Tetapi ia justru mendapatkan perudungan dari teman-teman yang lain terutama Shoya Ishida. Kemudian Nishimiya pindah sekolah lagi karena dirudung atau bullying dari teman-temannya. Ini menjadikan Ishida sebagai orang yang disalahkan atas kepindahannya. Kepergian Nishimiya memberikan trauma pada setiap pihak. Perasaan bersalah dan takut mendera setiap orang. Kalau kalian mau nonton ini, jangan lupa buat siapin tisu ya hehe. Ini adalah anime yang sangat mengharukan wkwk. 


2. Spirited Away (Sen to Chihiro no Kamikakushi)

Genre : Adventure, Fantasy

Durasi : 125 menit

Rilis : 2001

Kalian beneran gak salah baca. Spirited away ini rilis tahun 2001 dan menurutku untuk tahun segitu tu ini bagus banget. Gak tahu kata apa yang cocok wkwk. Dari segi cerita dan animasi, anime ini luar biasa. Aku baru nonton ini kemarin dan penilaianku mengenai anime ini memang sangat menarik. Gak heran kalau film ini berhasil memperoleh sekitar 54 penghargaan baik nasional maupun internasional. Anime ini menceritakan tentang kisah petulangan seorang gadis yang bermana Chihiro. Ia harus berpetualang demi menyelamatkan kedua orang tuanya yang telah disihir menjadi babi. Kalau kalian dalami ceritanya, ada banyak pelajaran yang bisa diambil. Anime ini menceritakan sikap sombong, angkuh, dan tamak manusia. Selain itu, anime ini juga menceritakan tentang kegigihan dan kerja keras untuk mendapatkan yang kita inginkan. Dan menurutku anime ini juga sedikit bercerita mengenai sampah yang telah mencemari sungai seperti adegan ketika pelanggan yang ternyata adala Dewa Sungai mandi. Penasaran kan ya? Hihi. Kalian wajib banget buat nonton untuk tahu kelengkapan ceritanya. 


3. I Want to Eat Your Pancreas (Kimi no Suizo o Tabetai)

Genre : Remaja, Romance

Durasi : 108 menit

Rilis : 2018

Sebenarnya bisa dibilang ceritanya mungkin cukup klise. Dimana, seorang cowok pendiam yang tertutup bertemu dengan cewek yang sangat aktif. Tapi, anime ini menyuguhkan alur yang berbeda dengan anime-anime lain. Mungkin judulnya terdengar cukup mengerikan ya wkwk. Kalau gak salah, ini berasal dari kebudayaan Mesir kuno yang biasanya akan memakan suatu organ yang sakit dengan harapan untuk menyembuhkannya. Si perempuan dalam cerita ini, Sakura Yamauchi, yang mengidap penyakit parah di pankreasnya. Selain itu, diprediksi bahwa umur Sakura pun akan berakhir sebentar lagi. Jadi Sakura berkeinginan untuk menghabiskan waktunya dengan berbahagia walaupun sebenarnya ia sangat takut akan kematian. Menurutku anime ini banyak ngajarin aku tentang arti kehidupan sih. Bagaimana kehidupan itu harusnya memberi arti bagi yang lain. Ending cerita ini gak bisa ditebak dan kalian wajib banget nonton untuk tahu cerita lengkapnya.


4. Into the Forest of Fireflies' Light (Hotarubi no Mori E)

Genre : Romance, Drama

Durasi : 45 menit

Rilis : 2011

Walaupun durasinya singkat, cuma sekitar 45 menit. Anime ini benar-benar membawakan cerita yang mampu menguras emosi hwhw. Bermula dari Hotaru yang waktu itu masih SD, tersesat dalam sebuah hutan dan bertemu dengan Gin. Gin adalah yukai yang apabila disentuh manusia ia akan menghilang. Setiap musim panas, Hotaru akan mengunjungi rumah neneknya dan bertemu dengan Gin. Tapi sebagai manusia Hotaro tumbuh dengan sangat ceoat sedangkan Gin lambat. Jadi ketika SMA, tinggi Hotaru bahkan hampir sama dengan Gin. Seiring berjalannya waktu, keduanya ini saling memiliki perasaan. Kalian harus nonton ini buat tahu kelengkapan ceritanya hihi. Ending cerita ini sangat menyentuh. Dari anime ini, kita bisa belajar bahwa kita harus tetap berjalan dan move on apabila ada hal yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Nyesek emang wkwk.


5. 5 Centimeters per Second (Byousoku 5 Centimeter)

Genre : Romance, Drama, Slice of Life

Durasi : 65 menit

Rilis : 2007

Dulu gak tahu kenapa, aku lupa, aku nangis nonton ini. Anime ini menceritakan tentang dua siswa SD yang baru saja pindah ke Tokyo dan menempati kelas yang sama, yaitu Takaki dan Akari. Kemudian keduanya menjadi dekat hingga suatu ketika Akari harus pindah mengikuti kedua orangtuanya. Waktu itu ketika usianya 13 tahun. Yeah… hubungan mereka tetap berlanjut melalui surat walaupun gak bertahan lama. Konflik dalam anime ini menurutku kompleks dan sangat realistis dengan kehidupan kita. Dan yang paling kusuka adalah narasinya sangat puitis wkwk. Oh ya, filosofi mengapa anime ini dinamakan 5 Centimeters per Second adalah karena ini merupakan kecepatan bunga sakura yang jatuh ke bumi. Kecepatannya ini sama dengan kecepatan manusia, baik dari kanak-kanak, remaja, hingga dewasa atau tua. Hm.. seperti itulah kehidupan bergerak, secara perlahan tapi pasti akan membawa manusia kepada perubahan.


Nah.. itu tadi daftar film anime atau anime movie yang bisa kalian tonton selama di rumah saja. Sobat nimu paling suka yang mana nih? Sebenarnya cerita dalam anime ini pasti ada pesan atau hal yang ingin disampaikan dari sang pembuat atau pencipta. Yeah.. semoga Indonesia juga bisa membuat animasi keren seperti ini nantinya hehe. Tetap semangat wan kawan… 

Ja Matane….

Aku benci kesempurnaan. Menjadi sempurna berarti tidak dapat berkembang lebih jauh.
Kurotsuchi Mayuri (Bleach)
Nimba Ilmu
Tempat Belajar Bersama Paling Asyik

Postingan Terkait

Posting Komentar