0XVOkzIOMuVO2ISulfVeSoRy4XR0Z5HcQhXOZ6RK

Hal Yang Baru Kusadari Saat Pandemi

Aku cuma mau cerita soal hal-hal yang baru kusadari saat pandemi ini. Jadi, aku mencoba menyendiri dalam pandemi dan akhirnya bisa berkontemplasi juga belajar beberapa hal. Aku mungkin terlalu banyak menonton video motivasi atau semacamnya hingga video motivasi terasa sebagai hiburan bukan lagi motivasi. Jangan ditiru. I'm lack at action, tho. Ketimbang apa yang kudapat mengendap di kepalaku, aku akan menulis yang kuingat dan kubagikan di sini.


List Hal yang Baru Kusadari

1. Ada tipe orang yang tidak punya kemampuan dasar dalam bertahan hidup

Yang kumaksud adalah berpikir sebelum bicara (atau bertindak). Banyak pribadi sering kena masalah gara-gara ini. Hal yang sama terjadi pada saat mengetik. Hal yang membuat orang berani melakukan hal semacam ini karena yakin bila mereka pasti dimaafkan atau setidaknya mereka tidak perlu bertanggung jawab untuk itu. Terutama bila di internet, tanggung jawabmu terasa terbagi. Makanya banyak orang yang melakukan hal buruk yang entah bagaimana dianggap biasa di internet tetapi tidak di dunia nyata. That is messed up.


2. Seringkali kalau kamu suka baca atau semacamnya, kamu menemukan fakta yang membuat hidupmu tak nyaman

Iya, seru memang kalau tahu banyak hal, hanya saja lebih nyaman bila kamu tidak tahu fakta-fakta menganggu itu. Hingga pada suatu titik, terpikir bila pengetahuan adalah kutukan. Jadinya, malah takut membaca lebih jauh jika harus dihadapkan dengan fakta yang membuat tak nyaman. Namun, kamu tahu?

Just do it anyway. Be a lifelong learner

3. Polyglot, orang yang bisa menuturkan beberapa bahasa dengan mahir.

Seriusan, orang bisa bicara bahasa asing itu keren banget. Namun bukan itu poinku, kamu bisa membuka kemampuan berpikir yang berbeda dan juga memahami setengah populasi dunia. Mungkin juga, kamu bisa buka kepribadianmu yang lain dengan belajar bahasa lain. Setidak-tidaknya dapat fasih di bahasa Inggris dan Indonesia, tidak usah jadi polyglot.


4. Banyak orang yang lack of action

Terdengar sangat klise, iya kan? Aku cukup yakin kalian tidak pernah kekurangan informasi, bila iya kalian pasti mencarinya kan? Kalau masalah aksi kalian harus melakukannya sendiri. Mungkin kamu sering mencari tips dan trik 101, beli buku (insert your passion here) for dummies, dan seterusnya. Kalau sering malah bawaannya cuma menganggap mendapat informasi sebagai hiburan dan cukup di situ. Tahu fakta baru semacam itu memang memuaskan tetapi hey! Apa kalian mau sampai situ saja? Kalian mau berhenti debelum bisa memproses informasi itu? Rasanya memang nggak nyaman bila memanifestasikan informasi-informasi itu tetapi ingat, kalau nyaman nggak akan ke mana-mana sementara kalau mau ke mana-mana nggak bisa nyaman.


5. Kalian nggak selalu butuh teman

Sendirian itu nggak buruk juga dan kalian harus mencoba menyendiri. Latihlah, berlatihlah menyendiri. Kalau masalah rasa, jelas enak hidup dengan kelompok yang kalian inginkan. Namun, coba saja menyendiri dan bukalah tingkat mindfulness.


6. Investasi


Seriuslah berinvestasi hingga tingkat kamu bebas finansial. Namun, bila itu masih belum mungkin, investasi yang paling masuk akal adalah belajar dan membentuk relasi. Mudah kan?


7. Kerja di masa depan

Kerja di masa depan banyak terganti dengan mesin, kupikir sekarang adalah saat yang paling tepat untuk memikirkan kamu mau jadi apa. Yah, walaupun sebenarnya pertanyaan seperti itu butuh seumur hidup untuk menjawabnya.


Halo sobat nimu! Ini merupakan salah satu artikel yang ditulis oleh salah satu teman kita. Ketika membaca ini, jujur aku juga ikut terbawa untuk merefleksikan diri. Dan yeah.. satu hal yang pasti, dunia yang kita tinggali sekarang itu akan terus berubah dan setiap harinya selalu ada penemuan baru. Kita tidak bisa hanya melihat tanpa beradaptasi dengan perubahan ini.  Tetapkan tujuan, mulai beraksi, dan bersama-sama membangun sinergi positif demi perubahan bangsa. 

Do you want to know who you are? Don't ask. Act! Action will delineate and define you
Thomas Jefferson


Nimba Ilmu
Tempat Belajar Bersama Paling Asyik

Postingan Terkait

Posting Komentar