0XVOkzIOMuVO2ISulfVeSoRy4XR0Z5HcQhXOZ6RK

Berkenalan Dengan $\LaTeX$

Halo sobat nimu! Kali ini, kita akan membahas mengenai $\LaTeX$. $\LaTeX$ sendiri sudah banyak dikenal masyarakat. Selain menurut saya sendiri hasilnya elegan dan enak dipandang mata, banyak notasi-notasi matematis yang dapat digunakan. Jika kita tahu pada Microsoft Word, itu masih sangat sedikit dibandingkan banyak notasi matematis yang dapat digunakan di $\LaTeX$. Di kalangan mahasiswa, tidak sedikit juga bahwa untuk penulisan skripsi dan lain-lain diwajibkan menggunakan $\LaTeX$. 

Penemu

$\LaTeX$ dibuat oleh Donalt E. Knuth, ilmuwan komputer Amerika terkenal dan profesor emiritus di Universitas Stanford. Beliau juga seorang matematikawan. Dia adalah penerima $1974$ dari ACM Turing Award, secara informal dianggap sebagai Hadiah Nobel ilmu komputer.

Donalt E. Knuth mengembangkan $\TeX$ pada tahun $1977$ sebagai sistem pengetikan untuk membuat buku, terutama yang berisi banyak ungkapan matematis.

Donlat E. Knuth

Apa Itu $\LaTeX$?

Pengertian
$\LaTeX$ merupakan sebuah sistem pengolah dokumen yang dikembangkan oleh Leslie Lamport dan disebut juga "sekumpulan makro" yang didasarkan oleh bahasa pemrograman $\TeX$.

$\LaTeX$ merupakan typesetting yang biasa digunakan kalangan akademisi dalam membuat laporan tugas akhir, penelitian, atau karya ilmiah yang sangat berhubungan dengan simbol atau notasi matematika. Karena itu merupakan kelebihan dari $\LaTeX$ dalam memberikan hasil tulisan yang bagus. $\LaTeX$ merupakan bahasa pemrograman dokumen dan program dalam pengaturan teks hasil pengetikan (typesetting system) yang digunakan secara luas bagi kalangan akademik dalam membuat skripsi, laporan tugas, karya ilmiah, tesis dan lain sebagainya. $\TeX$ atau $\LaTeX$ merupakan dua kata yang berbeda yang berbeda namun memiliki hubungan antara keduanya. $\TeX$ diciptakan oleh Professor Donald E. Knuth untuk merevisi bukunya yang berjudul "The Art of Computer Programming" karena banyak simbol atau notasi matematika yang tidak dapat dicetak dengan sempurna pada masa itu.

Berbagai intruksi (perintah dasar) $\LaTeX$ diselingi oleh syntax masukan pada suatu dokumen yang kita susun. Format dari pengolahan $\LaTeX$ yaitu .tex. Kemudian, memperoleh hasil (berupa tampilan) yang dinginkan dengan format .pdf. Perhatikan gambar berikut. Pada bagian kiri merupakan tempat untuk mengolah kata dengan format .tex, sedangkan bagian kanan merupakan hasil dari pengolahan kata tersebut yang menghasilkan .pdf.
Tampilan Lembar Kerja $\LaTeX$

Keunggulan $\LaTeX$

$\LaTeX$ sangat cocok untuk penulisan ilmiah, seperti laporan teknis, artikel, disertasi akademis buku, dan lain-lain. Tentu untuk mempelajari $\LaTeX$ memerlukan usaha dan waktu. Salah satu keuntungan utama dalam penggunaan $\LaTeX$ adalah pembentukan dokumen secara manual oleh Anda sendiri, seperti yang biasa harus dilakukan dalam pengolah kata, dapat diotomatiskan di dalam $\LaTeX$. Oleh karena itu, kemungkinan terjadi kesalahan dalam penomoran dan perujukan (bagian, tabel, gambar, atau persamaan), dalam memilih ukuran dan jenis huruf untuk bagian dan subbagian yang berbeda, atau dalam membuat perujukan pada daftar pustaka, dapat dihindari. Selanjutnya, $\LaTeX$ memiliki ketentuan untuk menghasilkan secara otomatis berbagai daftar isi, indeks, dan daftar istilah (glosarium).

Dalam mempelajari $\LaTeX$, tidak hanya dibutuhkan pengetahuan tetapi juga perlu mempraktikannya. Seperti di kehidupan nyata, suatu ilmu pengetahuan dapat berguna jika kita dapat mempraktikannya di kehidupan ini. Banyak juga rujukan mengenai $\LaTeX$ namun dalam berbahasa Inggris. Oleh karena itu, kamu dapat mengikuti tutorial dan info apa saja mengenai $\LaTeX$.

Sampai bertemu di postingan selanjutnya! 😁

Nimba Ilmu
Tempat Belajar Bersama Paling Asyik

Postingan Terkait

2 komentar

  1. Uwa... makasih, jadi tahu Latex. Pengen belajar

    BalasHapus
  2. Good edukasi jadi penasaran LATEX itu apa dan memperdalam.

    BalasHapus
Berkomentarlah dengan sopan dan santun ya :D Jika ingin mendapatkan notifikasi bahwa komentarmu telah dibalas, silahkan tekan kotak "Beri tahu saya".