0XVOkzIOMuVO2ISulfVeSoRy4XR0Z5HcQhXOZ6RK

Bekerja Dengan $\LaTeX$ Secara Online

Halo sobat nimu! Kali ini, kita akan membahas bagaimana bekerja dengan $\LaTeX$ secara online. Ketika awal belajar $\LaTeX$, saya bekerja dengan $\LaTeX$ secara online. Tepatnya dengan Overleaf. Disini, saya akan menjelaskan bagaimana dan apa saja tentang OverleafOverleaf sebenarnya berbayar, namun menyediakan versi gratisnya.

1. Apa Itu Overleaf?

Overleaf
Editor $\LaTeX$ berbasis cloud kolaboratif yang digunakan untuk menulis, mengedit, dan menerbitkan dokumen ilmiah.

Ini bermitra dengan berbagai penerbit ilmiah untuk menyediakan templat jurnal LaTeX resmi, dan tautan pengiriman langsung. Overleaf diluncurkan pada tahun $2012$ sebagai WriteLaTeX Limited yang didirikan bersama oleh John Hammersley dan John Lees-Miller. Keduanya ahli matematika dan terinspirasi oleh pengalaman mereka sendiri di dunia akademis untuk menciptakan solusi yang lebih baik untuk penulisan ilmiah kolaboratif. Mereka mulai mengembangkan WriteLaTeX dari $2011$. Mereka meluncurkan versi beta Overleaf pada $16$ Januari $2014$ di acara #FuturePub pertama mereka yang diadakan di British Library di London.

Pada $20$ Juli $2017$, Overleaf mengakuisisi ShareLaTeX untuk membuat komunitas gabungan lebih dari dua juta pengguna. Hal ini menyebabkan penciptaan Overleaf v2, menggabungkan fitur asli dari keduanya menjadi platform berbasis cloud tunggal yang diselenggarakan di overleaf.com.


2. Keuntungan Memakai Overleaf

Beberapa keuntungan memakai Overleaf , antara lain sebagai berikut.

2.1. Dapat Dipakai Di Mana Saja

Karena Overleaf online, maka dapat digunakan melalui handphone, laptop, komputer, iPad, tablet, dan lain-lain. Hal ini memberikan banyak alternatif untuk menggunakan Overleaf di mana saja.

2.2. Dapat Digunakan Bersama Orang Lain (Kolaborasi)

Dalam suatu project, mungkin kita ingin bekerja sama dengan orang lain dengan menggunakan $\LaTeX$. Overleaf dapat digunakan oleh orang banyak dalam satu atau lebih project. Hal ini dapat memudahkan kita bekerja sama dengan orang lain dalam jarak jauh.

2.3. Banyak Pilihan Contoh Template

Banyak sekali pilihan template yang ada di Overleaf. Template tersebut dapat digunakan kembali dengan berbagai code yang telah ditetapkan untuk membuat template tersebut.

Beberapa template di Overleaf   

2.4. Memiliki log

Jika dilakukan perubahan, Overleaf memiliki log. Kita dapat melihat history atau perubahan yang telah kita lakukan terhadap dokumen tersebut. Jika kita ingin kembali seperti semula, kita dapat melakukan restore pada dokumen tersebut.

3. Cara Menggunakan Overleaf

Pertama. Buat akun Overleaf , adpat menggunakan email, google, atau ORCID.

Registrasi akun

Kedua. Log in dengan akun Overleaf  yang telah diregistrasi.

Log in akun

Ketiga. Setelah log in, jika ingin membuat dokumen baru, tekan New Project. Disitu, terdapat beberapa pilihan. Jika ingin membuat lembar kerja baru dengan tampilan kosong, tekan Blank Project. Namun, jika ingin menggunakan template, pilih dan tekan salah satu dari pilihan template yang ada. Untuk melihat semua template yang tersedia, silahkan tekan View All.

Membuat dokumen baru

Keempat. Jika Anda memiliki Blank Project, maka akan muncul Project Name. Silahkan beri nama dokumen Anda sesuai keinginan. Misalkan, nama dokumen ini saya beri judul "Coba". Lalu, klik Create.

Memberi nama dokumen

Kelima. 
 Lalu, akan muncul seperti berikut.

Halaman kerja

Hasil kerja Anda dapat didownload berupa .pdf, yaitu dengan menekan tombol berikut.
Tombol unduh

4. Penutup

Overleaf  merupakan salah editor $\LaTeX$ secara online. Hal ini memudahkan kita untuk bekerja dimana saja dan berkolaborasi bersama orang lain. Overleaf  juga menyediakan banyak pilihan template yang siap digunakan. 
Bagi yang sudah memiliki akun, kalian dapat mengecek lembar kerja overleaf, seperti pada  overleaf_nimba ilmu. Jika ada yang dibingungkan, silahkan tanya saja ya 😁 Sampai bertemu di postingan berikutnya!
Nimba Ilmu
Tempat Belajar Bersama Paling Asyik

Postingan Terkait

Posting Komentar