0XVOkzIOMuVO2ISulfVeSoRy4XR0Z5HcQhXOZ6RK

Beasiswa Penuh S1 Keluar Negeri yang Bisa Kalian Coba - Part 1

Hi sobat nimu! Kali ini, aku bakal bagiin daftar beasiswa ke luar negeri yang bisa kalian coba untuk melanjutkan studi S1. Siapa sih orang yang gak mau dapet beasiswa? Ke luar negeri lagi. Selain bersekolah di kampus yang bergengsi, pastinya kalian akan belajar banyak hal mengenai budaya negara yang ditinggali, mendapatkan banyak teman di seluruh dunia, yang pastinya akan menjadi pengalaman yang sangat berharga. Dan hal ini pun bukan mustahil lagi untuk kalian dapatkan, asalkan kalian mau berusaha dan bersungguh-sungguh.


Beasiswa KGSP Undergraduate ke Korea

Siapa nih yang suka sama drama korea atau lagu-lagu K-POP.

Buat kalian yang suka, kalian wajib nih, buat nyobain beasiswa ini. Kabar baiknya, beasiswa ini rutin diberikan setiap tahunnya oleh pemerintah Korea Selatan. Untuk beasiswanya sendiri terbagi menjadi dua jalur, yaitu jalur universitas sebanyak 3 kursi dan jalur kedutaan sebanyak 5 kursi (*Nb: bisa berubah sewaktu-waktu). Untuk jalur universitas sendiri, terbuka bagi jurusan Ilmu alam (natural science) dan teknik (engineering).  Sedangkan untuk jalur kedubes, terbuka bagi semua jurusan. Beasiswa ini sudah mencakup tunjangan hidup, biaya kuliah, tiket pesawat, asuransi kesehatan, dan kursus bahasa Korea selama satu tahun. Jadi, buat kalian yang minder gara-gara gak bisa bahasanya, tenang saja. Untuk informasi selanjutnya kalian bisa check langsung pada websitenya  http://www.studyinkorea.go.kr atau search di mesin pencarian google. Pendaftaran biasanya dimulai sekitar bulan September. Kalian bisa check atau mencari informasi untuk mempersiapkan beasiswa ini pada bulan Agustus.



Beasiswa Jardine di OXFORD dan Cambridge

     Buat kalian yang pengen lanjut ke kampus terkenal di Inggris ini. Nih, ada beasiswa dari jardine foundation, lembaga pemberi beasiswa yang dibentuk tahun 1982 oleh perdagangan terkemuka di China, yaitu Jardine Matheson Group. Beasiswa ini sudah meliputi tunjangan hidup, kuliah, buku, tiket pesawat, dan masih banyak lagi. Beasiswa ini lebih diutamakan kepada kualitas kepribadian dan karakter dalam menunjukkan kemampuan kepemimpinan; keterlibatan dalam masyarakat dan kegiatan lainnya; prestasi dalam kegiatan ekstrakurikuler (termasuk olahraga); serta poin lain seperti mampu menjadi warga negara yang berprestasi dan berkomitmen tinggi terhadap pelaksanaan tugas publik dan atau keterlibatan dalam masyarakat. Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa check di website resminya yaitu www.jardine-foundation.org atau search di mesin pencarian google. Batas pendaftaran biasanya sekitar bulan Oktober. Sehingga, kalian bisa menyiapkannya jauh-jauh hari pada bulan sebelumnya.


Mitsui Bussan Scholarship ke Jepang

Huwa… mina-san, beasiswa yang satu ini wajib banget buat kalian ikuti. Beasiswa ini sangat cocok buat kamu yang tertarik untuk belajar kebudayaan Jepang dan ingin berkontribusi kepada pembangunan di Indonesia setelah menyelesaikan kuliah di Jepang.  Selain itu, kalian gak perlu takut karena belum bisa bahasa Jepang, karena beasiswa ini sudah mencakup kursus bahasa Jepang selama 1,5 tahun, tunjangan hidup, pembiayaan buku dan materi, kuliah, tiket, dan masih banyak lagi.

Kalian pasti tahu kan, salah satu tokoh yang terkenal setelah mendapatkan beasiswa ini. Yup.. kak Jerome. Kalau kalian sering mengikuti chanelnya atau membaca bukunya, kalian pasti tahu bahwa awalnya kak Jerome juga tidak bisa apapun dalam bahasa Jepang. Tetapi berkat kegigihan dan semangatnya, kak Jerome berhasil membuktikan bahwa ia pun bisa dan sanggup kuliah ke luar negeri. Berdasarkan yang aku tahu, beasiswa ini diberikan kepada dua orang yang akan melanjutkan kuliah di Jepang. So, tetep semangat guys…Untuk informasi lengkapnya kalian bisa check di website ini https://www.mbkscholarship-id.com atau search di mesin pencarian google. Pendaftaran biasanya dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Februari.


Türkiye Scholarships ke Turki

Setiap tahunnya, pemerintah Turki menawarkan beasiswa Türkiye Scholarships untuk melanjutkan studi S1, S2, dan S3 di universitas-universitas yang ada di Turki. Tentunya beasiswa ini ada dalam berbagai bidang dan jurusan yang bisa kalian pilih. Kelebihan beasiswa ini adalah beasiswa sudah mencakup biaya hidup, kuliah, asuransi, tempat tinggal, gratis kursus bahasa Turki, dan bimbingan dari pihak pemberi beasiswa. Selain itu, apabilan kalian diterima beasiswa ini, kalian secara otomatis juga diterima di kuliah yang ingin kalian tuju. Wah.. enak banget kan? Untuk informasi lengkapnya kalian bisa check di https://tbbs.turkiyeburslari.gov.tr atau search di mesin pencarian google. Biasanya pendaftaran dibuka sekitar bulan Januari sampai dengan Februari. Jadi, persiapkan diri kalian ya…


Monbukagakusho

Sama seperti beasiswa mitsui bussan, monbukagakusho atau MEXT juga menawarkan beasiswa untuk melanjutkan studi ke Jepang. Bedanya dari mitsui bussan, beasiswa ini berasal dari kementerian pendidikan, budaya, dan teknologi Jepang sedangkat mitsui berasal dari mitsui bussan Indonesia. Jadi jangat sampai ketuker ya sobat nimu.. Walaupun fasilitas yang diberikan beasiswa ini tidak sebesar beasiswa mitsui bussan, tetapi beasiswa ni sudah cukup untuk menunjang biaya kuliah dan kehidupan kamu selama di Jepang. Selain itu, beasiswa ini juga memberikan kursus bahasa Jepang selama satu tahun untuk kamu nantinya mempersiapkan studi di universitas Jepang. Tentunya ada banyak bidang dan jurusan yang bisa kamu pilih. Untuk informasi lengkapnya kalian bisa check di website resminya yaitu https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_gakubu2021.html atau search di mesin pencarian google. Biasanya pendaftaran di buka pada bulan Juni atau Juli setiap tahunnya.


China Government Scholarship (CGS)

Beasiswa China Government Scholarship adalah beasiswa dari pemerintah China untuk melanjutkan studi S1, S2, S3 di negeri tirai bambu. Ada beasiswa parsial, ada juga yang full. Beasiswa ini tersedia dari berbagai macam, ada bilateral program, great wall program, chinese university program, AUN program, dan WMO program.  Jika sobat nimu langsung mendaftar ke univirsitas di China dan diterima, maka sudah pasti beasiswa yang sobat nimu dapatkan adalah Full Scholarship yang mencakup biaya kuliah, biaya tempat tinggal, asuransi kesehatan, buku, dan uang saku. Beasiswa ini juga menyediakan kursus bahasa mandarin selama satu tahun untuk mempersiapkan studi kalian di sana. Menarik sekali bukan? Biasanya pendaftaran dibuka sekitar bulan Januari sampai dengan bulan April. Tetapi terkadang setiap universitas memiliki deadline yang berbeda-beda, jadi persiapkan diri kalian ya… Untuk informasi lebih lengkapnya kalian bisa check di website resminya  http://id.china-embassy.org atau search di mesin pencarian google.


Ancora Khazanah Asia Scholarship di Malaysia

Nah sobat nimu, kali ini ada beasiswa dari negeri tetangga kita yaitu Malaysia. Siapa nih yang masih suka nonton Upin Ipin? :v. Buat kalian yang suka, kalian wajib banget buat nyobain beasiswa ini. Ancora Khazanah Asia Scholarship merupakan beasiswa bersama yang dibangun oleh Ancora Foundation dan Yayasan Khazanah. Para penerima beasiswa adalah pelajar berprestasi dengan komitmen dan dedikasi tinggi untuk menjadi agen perubahan dalam membangun negara dan bangsa Indonesia.  Wah.. keren banget gak sih. Beasiswa ini sangat cocok buat kalian yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri tetapi tidak jauh dari Indonesia. Dengan culture yang hampir mirip, kalian tidak akan kesusahan nantinya dalam beradaptasi. Beasiswa ini menawarkan tunjangan penuh terhadap pendidikan, biaya hidup, tiket pesawat, serta program pengembangan diri. Biasanya pendaftaran beasiswa ini berlangsung sekitar bulan September. Jadi persiapkan diri kalian ya...


Itu tadi Daftar Beasiswa Penuh S1 Ke Luar Negeri bagian pertama. Sobat nimu mau nyobain yang mana nih? Comment di bawah ya… Atau kalian ingin sharing pengalaman kalian atau cerita mengenai impian kalian kuliah ke luar negeri? Silakan tulis juga di bawah ya… Aku bakal seneng banget buat baca dan balesin komentar kalian. Beasiswa-beasiswa di atas,  ada bukan hanya untuk orang yang pintar dan jenius dengan IQ di atas rata-rata, tetapi milik orang yang mau berusaha dan bekerja keras dan ingin berkontribusi kepada bangsa ini. So, mari kita bersama-sama membangun negeri ini dan mendedikasikan diri demi membangun Indonesia.

Terimakasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya..

“Education is the most powerful weapon which you can use to change the world.”
Nelson Mandela

 

Nimba Ilmu
Tempat Belajar Bersama Paling Asyik

Postingan Terkait

Posting Komentar