0XVOkzIOMuVO2ISulfVeSoRy4XR0Z5HcQhXOZ6RK

5 Fun Fact About English, No 4 Bikin Tercengang

Hai sobat nimu!! Di sekolah, mata pelajaran Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang wajib. Sejak sekolah dasar hingga menengah atas pelajaran ini tetap muncul. Eittt, udah tau ga apa saja fakta menarik tentang Bahasa Inggris? Yap. Kali ini, kita akan membahas apa aja si $5$ fakta menarik tentang Bahasa Inggris.


1. William Shakespeare Menambahkan Lebih Dari 1000 Kata Ke Bahasa Inggris

Pasti kalian udah kenal penulis yang satu ini, William Shakespeare, author dari “Hamlet” ini adalah seorang jenius satra. Dia telah menambahkan lebih dari 1000 kata ke Bahasa inggris tentunya William banyak mengadopsi dari Bahasa lain seperi prancis.

Beberapa kata unik ditambahkan oleh William, seperti :

  • Addiction $-$ Secara psikologis dan mental bergantung pada sesuatu, misalnya obat-obatan.
  • Bedazzled $-$ Terbutakan oleh sesuatu yang benar-benar hebat.
  • Cold-blooded $-$ Antara hewan berdarah dingin atau sebuah cara untuk mendeskripsikan seseorang yang kejam (emosi).
  • Swagger $-$  Untuk berjalan dengan tidak sopan atau sombong.
  • Break The Ice $-$ Untuk menenangkan tekanan atau keheningan dengan suatu percakapan.

2. Kebanyakan Kosakata Bahasa Inggris Berasal Dari Bahasa Perancis dan Bahasa Inggris Lama

Sekitar pada abad ke $10$ masehi. Perancis pernah menyerang Inggris. Diikuti dengan Norman Conquest pada tahun $1066$. Sehingga Bahasa Perancis menjadi Bahasa kedua. Pada saat itu hanya orang-orang bangasawan  saja yang menggunakan Bahasa perancis, orang-orang biasa tetap menggunakan Bahasa inggris kuno, yaitu campuran Bahasa setempat dengan anglo saxon.


3. Dulunya Bahasa Inggris Punya Grammar Yang Berbasis Gender

Beberapa Bahasa mungkin punya grammar yang berbasis gender, seperi Bahasa Spanyol, Bahasa Spayol menggunakan artikel el dan la bergantung pada kata benda yang dimaksud apakah maskulin atau feminis.

Bahasa inggris juga ada grammar seperti itu, namun itu dulu, sekarang udah ga dipake. Kalian dapat membaca buku yang berjudul “Gender Shift in the History of English”. Buku karangan Anne Curzan ini membahas bagaimana grammar berbasis gender tersebut hilang perlahan.

Bayangin deh, kalo masi ada grammar ginian kudu ngapalin perkata benda, kalo ditanya “Kok benda A bisa jadi cewe?” Tinggal jawab “Udah dari sononya”.


4. Bahasa Inggris Menggunakan Alphabet Latin

Yaiyalah masa pake huruf hijaiyah!


5. Ada Beberapa Kata Yang Dihapus

Inggris banyak mengadopsi Bahasa lain, sehingga terciptalah alphabet baru, disisi lain juga dihapusnya alphabet lama karena dianggap tidak efek, seperti :

Thorn : þ
huruf ini dapat dibaca dengan “th” sebagai mana di kata “them”, mungkin kalian bertanya tanya kok beberapa bar pake “ye” seperti contoh pada “ye olde pub” yang dapat dibaca “the olde pub”, nah itu dikarena meraka masih pake ejaan lama, mungkin lupa diganti.

Wynn : ƿ
Bahasa Latin tidak memiliki huruf untuk pengucapan “wah” namun di bahsa inggris wah menjadi sebuah ungkapan sehingga terciptalah alphabet ini., namun tidak lama. orang – orang lebih senang menggunakan huruf “U” yang digabung.
Hal ini juga yang mendasari kenapa huruf “W” dinamakan “double U”.

Yogh : Ȝ
Huruf yogh ini berbunyi seperti “ch”pada nama composer terkenal, yaitu Sebastian Bach. Huruf ini hilang karena adanya influences Bahasa perancis yang diganti dengan “gh”.

Ash : ӕ

Mirip dengan penulisan A dan E yang digabung menjadi satu. Pembacaan huruf ini seperti huruf A dan E yang begabung, seperti pada kata aeon, Caesar, dan aether. Dulunya huruf ini dipake saat jaman medival.

Ethel:œ
Enthel adalah sebuah huruf dengan gabungan antara huruf “O” dan “E”, Enthel dapat ditemukan di kata “foetus” dan “subpoena”. Namun sekarang penggunaanya diganti dengan huruf “E”


Itu tadi $5$ fakta menarik tentang Bahasa Inggris. Gimana? Udah tau kan apa aja tentang Bahasa Inggris. Gaseru dong kalau kita belajar Bahasa Inggris tanpa tau apa yang terjadi baliknya. 😄
Sampai bertemu di postingan selanjutnya Sobat Nimu!
Nimba Ilmu
Tempat Belajar Bersama Paling Asyik

Postingan Terkait

Posting Komentar