0XVOkzIOMuVO2ISulfVeSoRy4XR0Z5HcQhXOZ6RK

5 Tips Belajar Efektif Selama Di Rumah Saja

Hi sobat nimu! Sudah berapa bulan nih kita di rumah saja? Walaupun pemerintah telah mengeluarkan kebijakan baru untuk berhenti menerapkan PSBB dan mulai menerapkan new normal, masih banyak sekolah-sekolah yang menerapkan sistem daring untuk pembelajarannya. Kira-kira selama di rumah saja, pembelajaran yang kita lakukan efektif gak ya? Hal ini bisa kita lihat dari kemampuan kita menyerap materi, mengerjakan soal, dan memahami penyelesaian masalah. Nah, kalau sobat nimu bagaimana? Jangan sampai waktu kita justru terbuang sia-sia karena sibuk rebahan bahkan marathon drakor ya… *ehe
Kalau kalian merasa belum efektif, tenang saja. Karena disini kita bakalan bahas tips-tips supaya pembelajaran selama di rumah saja berjalan efektif.


Niatkan Untuk Belajar

Yup… semuanya berawal dari niat. Kita harus punya motivasi diri yang kuat sehingga tidak mudah terpengaruh dengan godaan sekitar. Motivasi ini bisa berasal dari diri sendiri bahkan orang lain. Tetapi motivasi yang paling tinggi adalah ketika kita belajar karena kita menyukainya. Kalau sobat nimu belum sampai di tahap sana, kalian bisa mulai dari diri kalian sendiri atau orang lain. Seperti kita belajar karena kita ingin membuat orang tua bahagia atau kita belajar supaya masuk PTN A, dst. Intinya, kita harus punya motivasi yang kuat supaya kita tahu alasan dan tujuan kita belajar.



Buat Diri Kamu Senyaman Mungkin

Temukan suasana dan tempat yang paling nyaman untuk kalian belajar. Tentukan waktu dimana kalian merasa ilmu yang kalian pelajari lebih cepat masuk. Seperti pagi hari ketika masih fresh atau ketika malam hari, dimana suasana hening. Kalian yang paling tahu diri kalian. Untuk pembelajaran online, pastikan internet kalian memadai sehingga kalian tidak kesusahan dalam pembelajaran.

Ada salah satu teknik yang sangat terkenal dan bisa kalian coba, yaitu teknik pomodoro. Caranya $25$ menit belajar kemudian istirahat selama $5$ menit. Setelah empat kali menerapkan teknik pomodoro ini, ambil istirahat panjang selama $30$ menit. Hal ini tentunya akan membuat kita fokus dalam belajar.


Manajemen Waktu Yang Baik

Selama di rumah saja, kalian harus pintar dalam memanajemen waktu yang baik. Kerjakan semua tugas di awal waktu dan jangan suka menunda. Selama pembelajaran online, banyak guru yang memberikan tugas sangat banyak. Hal ini bisa kalian atasi dengan cara mengerjakan semuanya di awal tugas diberikan. Selesai sebelum waktu ditetapkan lebih baik daripada mengerjakan di hari H atau H-$1$. Setelah tugas kalian selesai, kalian bisa memanfaatkan waktu luang untuk mengembangkan hobi dan minat kalian.

Kerjakan apa yang menjadi prioritas kalian. Apa yang benar-benar penting untuk kalian lakukan. Jangan sampai kita salah memanejemen waktu dan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk bermain atau melakukan hal-hal yang tidak penting dan tidak mendesak. Jangan lupa untuk menuliskan target apa saja yang ingin kalian capai dan membuat jadwal harian. Hal ini bertujuan supaya kita lebih disiplin dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut adalah contoh schedule yang sobat nimu bisa buat. 

Kalian dapat mendownload schedule dengan menekan tombol berikut.

Cari Referensi Di Situs Belajar

Apabila kalian kesusahan dalam memahami materi, kalian bisa mulai dengan mencari referensi belajar. Saat ini, banyak referensi belajar gratis yang bisa kalian coba, salah satunya adalah Nimba Ilmu. Disini, terdapat materi yang bisa kalian baca dan latihan-latihan soal yang menunjang dalam kegiatan belajar kalian. Sehingga sobat nimu tidak perlu kesusahan lagi dalam menemukan referensi situs belajar yang sesuai.


Ulang Materinya Lagi

Mengulang materi yang sudah dipelajari akan membuat kita ingat dan tidak mudah lupa. Kalian bisa mengulang dengan membuat rangkuman atau peta konsep yang dapat membantu kalian mengulang materi di masa depan. Kalau perlu, kalian kerjakan soal-soal latihan tambahan sehingga dapat memberikan tantangan lebih dan meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah (problem solving).



Nah, itu tadi $5$ tips belajar efektif yang bisa kalian terapkan selama di rumah saja. Kalau sobat nimu punya tips lain, bagi tipsnya di bawah ya… Supaya kita semua bisa belajar bersama menjadi lebih baik.

Terimakasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. 👋😁

Lebih baru Terlama
Nimba Ilmu
Tempat Belajar Bersama Paling Asyik

Postingan Terkait

1 komentar

Berkomentarlah dengan sopan dan santun ya :D Jika ingin mendapatkan notifikasi bahwa komentarmu telah dibalas, silahkan tekan kotak "Beri tahu saya".